No Comments

3 Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mencegahnya

3 Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mencegahnya
3 Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mencegahnya

Belakangan ini sedang marak–maraknya kejadian mobil terbakar secara tiba–tiba baik di jalanan maupun di jalan tol. Terbakarnya sebuah mobil dapat terjadi di mobil baru ataupun mobil lama. Untuk mobil lama disebabkan karena kualitas kabel yang mulai menurun.

Umur mobil yang sudah lama dapat menurunkan kualitas kabel sebuah mobil

Kalau tidak adanya insiden tabrakan, mobil baru sangat jarang terbakar, mobil baru sering terbakar karena terjadinya benturan hebat.

 

3 Hal yang harus diperhatikan untuk mencegah mobil agar tidak mudah terbakar.

Kabel Yang Kendor

Biasakan mengecek kabel maksimal 1 – 2 tahun, ketika dalam pengecekan menemukan kabel ada yang kendor atau robek sebaiknya segera diganti dan jangan tambal menggunkan plester, penambalan menggunakan plester dapat mengakibatkan terbakarnya sebuah mobil. Itu dikarenakan rekatan plester yang berbahaya jika adanya percikan api.

 

Selang Bensin Yang Bocor

Pengecekan cek selang bensin harus dilakukan sebelum Anda berpergian terutama ketika berpergian jauh. Untuk mobil yang digunakan lebih dari 2 tahun pengecekan selang bensin harus sesering mungkin. Hal ini dapat mencengah terjadinya terbakar suatu mobil, kalau menemukan ada yang tidak benar maka harus segera diganti demi keselamatan Anda.

Oli Yang Sudah Lama

Penggantian oli harus dilakukan secara rutin, jika tidak dilakukan secara rutin dapat berdampak pada berkurangnya kekentalan oli tersebut ini dapat mengakibatkan mesin panas dan berpotensi terjadinya kebakaran ketika terpercik.

Itu tadi sebagian penyebab terjadinya kebakaran dimobil. Lalu bagiamana cara mencengah terjadinya kebakaran disuatu mobil ?

 

Tips agar mobil tidak mudah terbakar.

1. Perawatan Rutin

Perawatan rutin kendaraan sangat diperlukan untuk mengecek kondisi kendaraan. Ketika Anda menservice kendaraan mekanik dapat melihat dan mengecek semua sistem dan komponen mobil yang ada apakah dalam kondisi baik atau tidak. Hal ini dapat meminimalisasi kemungkinan terjadinya kebakaran.

2. Berkendara Secara Hati – Hati

Dengan berkendara secar hati – hati dan aman Anda dapat menghindari kecelakan hebat dalam berkendara. Kecelakan yang hebat dapat membuat kerusakan mobil yang dapat menimbulkan kebakaran dimobil.

3. Pastikan Pemasangan Aksesoris Secara Benar

Anda harus pastikan dalam pemasangan aksesoris kelistrikan secara benar oleh teknisi yang ahli dibidannya. Instalasi yang tidak benar pada saat aksesoris kelistrikan dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Contoh pemasangan pada kabel yang salah saat pemasangan foglamp.

4. Selalu Sedikan Alat Pemadam Api

Anda harus sediakan ala pemadam api ringan ( APAR ) di dalam mobil Anda. Sehingga jika terjadinya kebakaran dibagian mobil Anda dapat segera mengatasinya.

5. Bila Terjadinya Kebakaran

Apabila hal – hal yang diatas sudah dilakukan tapi masih terjadi kebakaran. Lakukan tindakan sebagai berikut :

Jangan Panik, ketika kebakaran terjadi jangan panik segeralah keluar dari kendaraan menuju tempat yang paling aman disekitar Anda.

Kondisi Api, lihatlah kondsi api, jika memang kondisi api kecil segera padamkan dengan alat pemadam api, jika memang tidak ada didalam mobil Anda segera cari pasir atau air disekitar Anda. Jika api sudah membesar dan tidak bisa diatasi sendiri sebaiknya Anda harus sesegera mungkin tinggalkan mobil Anda dan mencari tempat yang lebih Aman.

 

Sumber : gunnebo-indolokbaktiutama.com

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu