No Comments

7 Kesalahan dalam K3 yang Harus Anda Hindari

Terjadinya kecelakaan kerja bisa disebabkan banyak faktor. Meski perusahaan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah agar hal itu tidak sampai terjadi, namun sering kali ada kesalahan yang dilakukan pekerja. Sehingga kemudian hal yang tidak diinginkan itu sampai terjadi.

 

Nah berikut ini daftar kesalahan dalam K3 yang sering dilakukan. Jangan sampai hal berikut ini terjadi di lingkungan kerja Anda.

  1. Hindari Berasumsi, Pastikan Benar-Benar Aman!

Hindari hanya mengira-mengira kalau kondisi tempat kerja aman. Pastikan memang kondisi tersebut benar-benar aman. Jangan sampai hanya berasumsi saja. Sebab perilaku semacam ini bisa sangat berbahaya bagi karyawan.

Memang kemudian kebiasaan ini bisa tercipta jika didukung banyak faktor. Seperti pengalaman karyawan, training yang diikuti karyawan, tingkat pendidikan karyawan, serta budaya di tempat kerja. Oleh karenanya, perusahaan perlu berusaha agar kebiasaan hanya mengira-ngira ini tidak dilanjutkan. Terutama yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja, perusahaan dan segenap komponennya harus betul-betul melihat, mengecek dan memeriksanya. Sebab dengan begitu, lingkungan kerja dan bisnis Anda bisa selamat dari bencana kecelakaan kerja.

  1. Beri Laporan dan Pengawasan

Setiap kecelakaan atau potensi kecelakaan yang muncul, jangan sampai dibiarkan begitu saja. Setiap karyawan punya tugas yang sama untuk melaporkannya kepada bagian terkait agar bisa segera dilakukan penanganan. Dengan begitu, tempat kerja bisa melakukan evaluasi agar hal itu tidak perlu terjadi.

Langkah pencegahan inilah yang sangat diperlukan. Sebab banyak kecelakaan kerja yang sebetulnya dapat dicegah. Jika tindakan pencegahan itu dilakukan, tentu bahaya kecelakaan dan potensi kerugian yang ditimbulkan itu tak perlu lagi dialami.

Ya, meskipun potensi bahaya itu sangatlah kecil, tapi siapapun tak boleh meremehkannya. Sebab dari hal yang kecil itu, sangat mungkin bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang tidak diinginkan siapapun.

  1. Jangan Gunakan Alat yang Salah

Kesalahan ini juga sering terjadi di tempat kerja. Karyawan suka menggunakan alat yang tidak seharusnya digunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Akibatnya, potensi bahaya pun bisa muncul. Hal ini bisa dihindari jika karyawan tidak memaksakan diri untuk menggunakan alat yang salah.

Selain itu, juga termasuk kesalahan kerja, jika karyawan menggunakan peralatan yang benar tapi cara penggunaannya yang keliru. Karena itulah, karyawan harus sudah dipastikan tahu benar bagaimana cara mengoperasikan peralatan yang dibutuhkan. Dengan begitu, pekerjaan dapat berlangsung dengan benar.

Bukan itu saja, untuk memastikan lingkungan kerja yang lebih aman, perusahaan wajib melakukan pengawasan agar peralatan kerja yang dipakai sesuai dengan jenis pekerjaan, peralatan itu dirawat dengan baik untuk memastikan keamanan saat digunakan, dan pastikan juga karyawan yang menggunakan peralatan tersebut memang terlatih.

  1. Tidak Terburu-Buru Saat Bekerja

Pekerjaan dilakukan tidak dengan terburu-buru. Hal ini bisa membuat karyawan melakukan kesalahan yang bukan tak mungkin nantinya bisa membahayakan karyawan. Lakukan pekerjaan sesuai prosedur dan hindari mengambil jalan pintas.

Memang mungkin naluri manusia untuk mengambil cara paling mudah, tapi perlu disadari bahwa yang paling utama tetaplah keselamatan. Walau mungkin sedikit lama, tapi hal itu cara paling efektif untuk menjamin pekerjaan selesai dengan baik, sekaligus aman bagi pekerja.

  1. Jangan Sampai Mabuk di Tempat Kerja

Ya, perilaku ini sangat berbahaya. Bukan hanya bagi kesehatan pekerja, tapi juga lingkungan kerja secara keseluruhan. Kerugian lain yang bisa dialami tempat kerja jika ada karyawan yang suka mabuk, seperti turunnya produktivitas kerja dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki aturan yang tegas untuk mengatur hal ini. Jangan sampai perilaku buruk ini ditoleransi yang pasti akan merugikan perusahaan sendiri.

  1. Buat Lingkungan Kerja yang Lebih Nyaman

Sering karyawan mengalami masalah terkait stres kerja. Masalah ini banyak dialami di banyak tempat kerja dan menyebabkan kerugian yang sangat besar, baik ditinjau dari segi materi maupun non-materi. Untuk itulah perusahaan perlu mengambil tindakan yang tepat agar karyawan tidak sampai stres. Caranya adalah dengan membuat lingkungan kerja yang lebih nyaman dan sehat. Sehingga diharapkan karyawan pun bisa lebih berbahagia saat bekerja.

  1. Karyawan Mudah untuk Bersuara

Bagaimanapun, karyawan merupakan pihak yang paling diutamakan dalam masalah K3. Oleh karena itu, perusahaan perlu membuat sistem agar karyawan bisa mudah untuk mengeluarkan pendapat maupun bersuara. Sehingga jika ada potensi bahaya yang muncul, bisa ditangani sejak dini.

Ya, banyak hal memang yang harus diperbaiki. Jika selama ini Anda melihat kondisi tempat kerja Anda masih banyak melakukan kesalahan di atas, selayaknya Anda harus berusaha agar kesalahan dalam K3 itu segera diperbaiki dan tidak dilakukan lagi di masa mendatang.

 

Sumber : mediak3.com

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu