No Comments

6 Tips Aman Bekerja di Pabrik Kimia

6 Tips Aman Bekerja di Pabrik Kimia
6 Tips Aman Bekerja di Pabrik Kimia

Ada sejumlah rangkaian tes yang harus dilewati untuk dapat bekerja sebagai seorang pekerja/karyawan pabrik kimia. Bila Anda dapat lolos tes dan diterima bekerja di perusahaan manufaktur kimia jelas hal tersebut merupakan sebuah prestasi tersendiri.

Adapun setelah diterima bekerja, tugas baru siap menanti dengan banyak hal yang harus dipelajari. Anda pun wajib menguasai proses produksi, SOP (Standard Operating Procedure), situasi tempat kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Bekerja di pabrik kimia tentu tidak terlepas dari potensi bahaya. Potensi bahaya tersebut dapat menjadi nyata yang mana mengakibatkan terjadinya cedera hingga kematian. Terlebih bila dalam setiap prosesnya tidak disertai dengan pengetahui menjalankan pabrik secaraaman.

Seorang pimpinan pabrik kimia yang baik sudah semestinya memberikan informasi terkait pelatihan dan pendidikan yang dibutuhkan para pekerjanya. Selain itu, sebagai pekerja kita juga harus aktif mencari informasi tambahan yang bermanfaat. Karenanya sebelum mulai bekerja, pastikan Anda sudah membaca dan memahami tips-tips aman bekerja di pabrik kimia berikut ini:

  1. Pahami Kebijakan dan Peraturan Perusahaan

Pahami sepenuhnya tentang kebijakan dan peraturan yang berlaku di perusahaan khususnya yang mencakup kesehatan dan keselamatan kerja. Pahami benar dan pastikan mendapatkan penjelasan detil karena kebijakan dan peraturan tersebut merupakan referensi utama.

  1. Kenali Tempat Kerja

Kenali situasi dan kondisi tempat kerja Anda. Setiap bahan kimia biasanya akan disimpan di tempat berbeda bergantung sifatnya misal bahan kimia yang mudah terbakar dan lainnya.

  1. Kuasai Proses Produksi

Agar selamat dalam bekerja pastikan untuk menguasai proses produksi dan keselamatan dalam prosesnya. Misalnya pahami tentang kondisi operasi, diagram instrumentasi, aliran material, sistem keamanan, dan juga sistem interlock. Dalam hal ini Anda pun mesti mempelajari cara penggunaan alat yang benar dan aman. Terutama untuk alat-alat yang dijalankan secara manual.

  1. Pahami Prosedur Operasi Standar

Pahami setiap prosedur operasi stadar yang berhubungan langsung dengan jenis pekerjaan yang mesti Anda lakukan setiap hari sebagai operator pabrik kimia. Penting pula untuk mengetahui tindakan pencegahan pada setiap ancaman bahaya.

  1. Kuasai MSDS dan Simbol Penting

Pelajari dan pahami cara membaca MSDS atau Material Safety Data Sheet. Hindari berinterkasi dengan bahan kimia apapun sebelum membaca MSDS. Kuasai pula setiap simbol yang digunakan di tempat kerja. Pasalnya setiap simbol memiliki arti tersendiri dan mesti menjadi perhatian.

  1. Bekerja Sesuai Kemampuan

Hindari penugasan untuk pekerjaan di luar pemahaman Anda. Namun, pastinya pabrik kimia yang bertanggung jawab tidak akan memberi tugas kepada pekerjanya untuk pekerjaan yang tidak disertai dengan pelatihan.

Jangan ragu pula untuk menyuarakan pendapat Anda untuk perbaikan K3 di perusahaan Anda. Ide yang Anda berikan bisa jadi menjadi penyelamat bagi rekan anda lainnya dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Sampaikan saran perbaikan kepada penanggung jawab K3 di perusahaan, baik kepada Petugas K3 Kimia, Ahli K3 Kimia maupun pejabat P2K3.

Sumber: masbadar.com

 

 

 

 

 

Anda Mungkin Juga Suka:
Tags: Safety
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu