No Comments

Penting! Ini 7 Prioritas Road Safety di Indonesia!

Road safety adalah suatu pedoman atau prosedur yang digunakan sebagai tujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan dalam berkendara. Hal tersebut biasanya diatur untuk meningkatkan keamanan ketika di jalanan.

Hadirnya road safety didasari dari maraknya kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di Indonesia, dan hal itu ternyata menimbulkan ketakutan oleh sejumlah pengendara. Bagaimana tidak, menurut riset Polri ternyata di Indonesia dalam setiap harinya rutin terjadi kecelakaan lalu lintas. Penyebabnya beragam, misalnya menerobos lampu merah hingga mengantuk saat berkendara.

Kendati demikian, ternyata kepolisian Indonesia tidak tinggal diam terkait seringnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi itu. Menurut Dir Kamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda Dwilaksana, dilansir dari liputan6.com disebutkan bahwa kepolisian telah melakukan program 7 prioritas road safety.

Berdasarkan hal tersebut diharapkan bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas di Indonesia, dan juga harapannya bisa membuat pengendara merasa aman ketika di jalanan.

 

Apa saja 7 prioritas road safety?

 

Dalam hal ini, penulis telah merangkum 7 pedoman dalam berkendara supaya bisa menjadi referensi bagi kita dalam melakukan aktivitas menggunakan kendaraan roda dua atau lebih, diantaranya:

 

  1. Menggunakan helm

 

Helm sangat penting digunakan oleh pengendara bermotor, baik itu saat melakukan perjalanan jauh ataupun dekat. Karena kita tidak bisa menduga apa yang akan terjadi di jalanan, walaupun sudah berhati-hati sekalipun dalam berkendara, belum tentu akan mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi.

 

Untuk itu, helm sangat berguna sekali dan wajib untuk dipakai ketika berkendara, pasalnya kepala termasuk dalam organ vital di tubuh manusia. Dan helm berguna untuk mengurangi cedera yang terjadi pada kepala jika seandainya terjadi kecelakaan di jalanan.

 

Helm yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, haruslah yang telah teruji berdasarkan Standar Nasional Indonesia atau SNI. 

 

  1. Perhatikan kecepatan kendaraan

 

Poin kedua ini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap pengendara. Biasanya di jalan raya terdapat rambu lalu lintas yang memberikan perintah mengenai kecepatan kendaraan anda. Ada yang khusus untuk kecepatan maksimal 40 km/jam dan ada juga yang boleh melakukan kecepatan tinggi seperti di jalan tol.

 

Kecepatan kendaraan ini sangat penting juga diperhatikan, jangan asal ngebut di jalanan dan menyebabkan bahaya bagi pengendara lain. Mari saling jaga jarak supaya kita sesama pengendara di Indonesia bisa sama-sama merasa aman dan nyaman ketika berkendara.

 

  1. Dilarang menyetir dalam keadaan mabuk

 

Jangan sekali-kali anda menyetir dalam keadaan mabuk, karena hal tersebut sangat berbahaya bagi diri anda pribadi maupun orang sekitar. Efek dari mabuk sangat berbahaya jika dipaksakan membawa kendaraan. Ada baiknya anda istirahat dahulu atau tidur untuk menyegarkan kembali badan dan mengembalikan lagi stamina.

 

Di Indonesia ternyata kecelakaan yang kerap terjadi disebabkan oleh pengendara yang mabuk dan memaksakan untuk tetap membawa kendaraannya. 

 

  1. Memakai sabuk pengaman

 

Khusus untuk pengendara mobil, penggunaan sabuk pengamanan sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan kenyaman ketika berkendara. Fungsi dari sabuk pengaman itu sendiri untuk melindungi tubuh dari benturan keras ketika terjadi kecelakaan.

 

Selain itu, sabuk pengaman juga bertujuan untuk membuat posisi pengendara atau penumpang tetap stabil dan menjaga kenyamanan ketika berkendara.

 

  1. Anak-anak dilarang membawa kendaraan

 

Di Indonesia syarat utama untuk bisa mengendarai kendaraan adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), yang dalam pengurusannya hanya bisa dilakukan oleh calon pengendara yang sudah cukup umur.

 

Resiko dari berkendara tidak memiliki SIM adalah bisa dilakukan tindakan seperti penilangan. 

 

  1. Dilarang menggunakan handphone saat berkendara

 

Ketika berkendara, pengendara diharapkan untuk bisa fokus dan berhati-hati di jalan. Larangan seperti dilarang menggunakan handphone saat berkendara itu tujuannya supaya tidak lengah saat di jalan. 

 

Dampak dari tidak hati-hati saat berkendara ini sangat berbahaya, bisa menyebabkan kecelakaan dan bahkan berakibat fatal seperti cedera atau kematian.

 

  1. Melawan Arus

 

Di Indonesia, potret pengendara yang melawan arus ini sering kita lihat. Alasannya mayoritas sama, yaitu karena desakan waktu atau tidak sabar menunggu karena macet.

 

Seharusnya pengendara mengetahui dampak yang sangat bahaya dari melawan arus tersebut.

 

Nah, sudah tahu apa pentingnya menerapkan road safety ketika berkendara? mari sama-sama kita saling jaga satu sama lain serta saling mengingatkan. Karena keselamatan adalah nomor satu, ingat, ada keluarga yang menunggu anda di rumah.

Anda Mungkin Juga Suka:
Tags: Content
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu