No Comments

Bagaimanakah Menjaga Barang Agar Tetap Aman di Gudang?

Mengelola barang dalam jumlah banyak tidaklah mudah. Sebagai solusi awal, Anda pun harus memiliki tempat penyimpanan atau gudang. Setelah itu, tugas Anda adalah memastikan soal keamanan gudang agar mutu tetap terjaga. Lantaran ada kecenderungan luput dari pengamatan mengingat barang-barang ini bersifat masif, terapkan tips berikut untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Perhatikan Kualitas Pengemasan
Untuk menjaga keamanan barang, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan kualitas pengemasan. Gunakanlah kardus atau kotak kayu dengan lapisan styrofoam maupun bubble wrap. Setelah itu, berikanlah label tertentu agar mendapatkan penanganan khusus, misalkan barang pecah belah melalui tulisan “fragile.”

Menggunakan Palet Terbaik
Dalam dunia logistik, peran palet sangatlah penting yaitu menahan beban dari barang dengan variasi berat dan sebagai alas untuk menjaga kebersihan. Secara lazim terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang berbahan plastik untuk mengantisipasi pengeroposan atau serangan rayap. Pastikan terlebih dahulu kebutuhan serta keadaan gudang agar penggunaan penyimpanan bersekat ini tepat guna.

Penggunaan palet untuk menumpuk barang memang membuat gudang menjadi efisien, tetapi perhatikan beberapa hal berikut:
1. Simpanlah jauh dari rak penyimpanan jika tidak sedang digunakan,
2. Letakkan di permukaan datar,
3. Anda bisa memasang jala atau jaring di belakang rak untuk mencegah barang jatuh,
4. Jangan memanjat agar terhindar dari risiko terjatuh,
5. Gunakan alat pengaman saat bekerja.

Perhatikan Penyusunan Barang Bertumpuk
Agar penggunaan gudang menjadi semakin efisien, Anda bisa menyimpang barang dengan cara ditumpuk. Namun, ada dua catatan penting yang harus Anda perhatikan dalam hal ini. Pertama, pastikan barang muatan tidak mengalami reaksi tertentu saat berdekatan. Kedua, letakkan beban paling ringan di atas.

Jangan Menyimpan Barang Berbahaya Tanpa Izin
Barang berbahaya seperti zat kimia yang mudah terbakar, meledak, atau bersifat korosif sangat berisiko ketika disimpan di gudang. Jika tidak memiliki izin dari pihak terkait, lebih baik hindari menyimpan barang-barang ini. Apabila memang terpaksa, tingkatkan segi keamanan dan persiapkan peralatan khusus untuk mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi.

Memperhatikan Proses Pengambilan Barang
Dalam proses pengambilan barang memungkinkan terjadi sebuah kecelakaan, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas usaha dan kualitas barang. Di sisi lain, keselamatan pekerja juga jadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Penggunaan forklift dalam proses pengambilan barang sangatlah membantu. Adapaun untuk memperkecil angka kecelakaan, pilihlah operator berpengalaman dan anjurkan untuk mematuhi semua prosedur kerja. Kemudian, ketika melakukan teknik pengangkatan manual, lakukanlah secara benar agar tidak terjadi cedera otot atau tulang. Jika memungkinkan, Anda pun lebih baik melibatkan unsur mekanis seperti lift truck, pallet truck, atau troli.

Setelah memperhatikan dua beberapa poin di atas, penerapan prinsip ergonomi dari K3 pun tidak kalah penting untuk menunjang keamanan barang dalam gudang.

keamanan gudang warehouse safety

ISC Safety School Surabaya mengadakan training
Warehouse Safety
pada tanggal 8-9 Juni 2021
Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami
ASTRID | [email protected]| 08111798353

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu