No Comments

BAHAYA BAHAN KIMIA BAGI KESEHATAN MANUSIA

Bahaya bahan kimia merupakan dampak buruk hasil dari reaksi zat beracun yang jika masuk kedalam tubuh menyebabkan kerusakan organ internal. Bahan kimia berbahaya telah ada dan digunakan dalam kehidupan sehari hari yang digunakan mulai dari skala kecil hingga besar dan dikonsumsi secara teratur atau sering, berisiko menimbulkan kelainan jaringan tubuh.

 

Berikut ini beberapa bahaya bahan kimia menurut Golongan, Jenis dan bahaya yang ditimbulkan:

 

  1. Golongan Senyawa metaloid dan logam

Bahan kimia jenis Arsen (AS). Krom (CR), Hg, Cadmium, Fosfor (P), Fosfor (P), Hg, Pb

Bahaya yang ditimbulkan: Kelainan saraf, Kerusakan ginjal, Kelainan darah, gangguan fungsi hati, Memicu munculnya kanker, Iritasi berat, Gangguan metabolisme karbohidrat, Lemak dan protein.

 

  1. Golongan Pestisida

Memiliki dua jenis lain terdiri dari organik klorin dan organik fosfor dan dapat menimbulkan: Pusing, Kejang kejang, Pingsan atau penurunan kesadaran dan kematian.

 

  1. Golongan Gas beracun

Jenisnya : Asam sulfida (H2S), Helium, Asam sianida, HCN, Nitrogen oksida (NOX),Karbon monoksida (Co)
Bahaya yang ditimbulkan: Pusing, Hilangnya kesadaran, Keracunan dengan gejala mual mual serta keinginan untuk muntah, Sesak nafas, Kekurangan oksigen, Kejang , Gangguan otak, Jantung Iritasi dan kematian.

 

  1. Golongan Bahan pelarut

Jenisnya: Hidrokarbon alifotik, seperti bensin, atau minyak tanah, Hidrokarbon ternalogenasi dan jenis alcohol.

Bahaya yang ditimbulkan: Alergi kulit, Keracunan, Sakit kepala, Gangguan jantung, Sesak nafas, mual dan muntah, Koma, Gangguan saraf pusat, kerusakan ginjal, hati dan leukimia.

 

  1. Golongan Bahan bersifat karsinogenik

Jenisnya: Benzena, Asbes, Vinil khlorida, Krom, Bensidin
Bahaya yang ditimbulkan: Kerusakan saraf pusat, Leukimia, Gangguan kandung kemih, Gangguan jaringan paru, hati dan kelainan darah.

 

Agar bahan kimia berbahaya tersebut tidak mengganggu Kesehatan tubuh kita, maka kita harus melakukan Tindakan-tindakan pencegahan agar kita terlindungi dari bahaya kimia tersebut. Menurut hierarki pengendalian risiko yang sering kita tahu, hal paling aman dilakukan adalah dengan menghilangkan bahaya dari lingkungan kita. Namun, beberapa bahan kimia ini juga kita butuhkan untuk kehidupan kita, oleh karena itu kita bisa menggunakan pengendalian bencana lain seperti melakukan substitusi bahan kimia berbahaya menjadi bahan kimia yang tidak terlalu berbahaya bagi kita. Pengendalian secara administratif dan penggunaan alat pelindung diri juga dapat lakukan di level rumah tangga.

 

Sumber: halosehat.com

 

 

 

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu