No Comments

Dengan Kapal Ro-Ro, Pemerintah Gratiskan Angkutan Mudik Tujuan Lampung, Semarang dan Surabaya

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan kembali menggratiskan angkutan mudik lebaran pada 2019 ini. Kapal penumpang jenis roll on-roll off (Ro-Ro) disiapkan untuk membawa masyarakat ke kampung halamannya. Program ini bertujuan agar masyarakat yang melangsungkan mudik dapat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Melansir katadata.co.id, Direktur Angkutan Jalan Kementrian Perhubungan, Ahmad Yani mengatakan, tiga kapal Ro -Ro disiapkan melayani rute Jakarta – Lampung, Jakarta – Semarang dan Jakarta – Surabaya, serta arah sebaliknya. “Salah satu keuntungan mudik dengan kapal Ro-Ro yaitu anti macet dan waktu tibanya pasti,” ujar Ahmad pada 09 Mei 2019. Adapun ketiganya menggunakan kapal dengan volume 5 ribu Gross Tonnage (GT), dengan kapasitas angkut kapal yang digunakan sebanyak 500 motor dan seribu penumpang setiap kapalnya.

Keberangkatan kapal di laksanakan pada 01 Juni 2019 dan serentak ke arah tiga rute tersebut. Sedangkan untuk arus baliknya akan diberangkatkan serentak pada 08 Juni 2019, menuju Pelabuhan Paniang Lampung, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Untuk mengikuti program ini calon pemudik bisa mendaftar secara offline di Gedung Cipta Kementrian Perhubungan Jakarta, atau online dengan mengakses website http://mudikgratis.dephub.go.id mulai pada 23 Maret 2019 s/d 21 Mei 2019

Pemerintah berharap dengan program mudik gratis ini bisa mengurangi kecelakaan dari pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya . Selain itu, tujuannya untuk memudahkan masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman saat lebaran.

Indonesia Safety Center (ISC) sebagai perusahaan yang membidangi keamanan dan keselamatan mendukung penuh program yang digagas oleh Kementrian Perhubungan. Sebagaimana diketahui, angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik tergolong tinggi. Salah satu penyebabnya, karena masyarakat menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kelelahan menjadi faktor utama musibah tersebut menimpa masyarakat.

Sumber: https://katadata.co.id

Anda Mungkin Juga Suka:
Tags: News
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu