No Comments

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Proses Angkat Angkut

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Proses Angkat Angkut. Operasi angkat angkut barang atau muatan terutama dengan beban yang besar merupakan proses yang sangat penting dalam sebuah proyek atau bongkar muat. Sebab, proses ini memiliki risiko kerja yang cukup tinggi, sehingga harus dijalankan dengan perencanaan yang matang.

Selain menyebabkan kecelakaan kerja, proses pengangkatan barang juga dapat menimbulkan kerugian materil yang cukup besar jika terjadi kesalahan. Maka dari itu, aspek keamanan harus menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan dalam proses angkat angkut barang ini.

Perencanaan proses angkat angkut barang harus disiapkan dengan detail dan matang, mulai dari kesiapan alat operasionalnya hingga sumber daya manusianya. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan proses angkat angkut barang:

 

Perencanaan

Perencanaan proses angkat angkut barang harus disusun oleh karyawan yang memiliki kompetensi dan telah mengikuti pelatihan. Perencanaan ini sangat diperlukan, terutama untuk proses pengangkatan yang kompleks yang mengoperasikan beberapa alat derek dan sebagainya.

 

Potensi Resiko

Perencanaan pengangkatan juga harus meliputi potensi resiko kerja, baik yang disebabkan oleh faktor human error atau pun faktor alat operasional. Mitigasi risiko ini harus dievaluasi secara berkala terutama pada proses pengangkatan rutin.

 

Daya Angkat Alat

Beban muatan yang diangkat harus sesuai dengan kemampuan alat operasional dan memastikan berat muatan tersebut tidak memiliki daya angkat alat operasional. Sebab, kelebihan muatan bisa menyebabkan kecelakaan serta kegagalan pengangkatan barang.

 

Posisi Alat Angkat

Posisi alat angkat baik yang bergerak atau pun tetap harus di area yang aman. Serta memiliki area yang cukup luas agar memadai seluruh pergerakan dari alat pengangkat tersebut. Akses ke lokasi alat angkat juga harus diatur dengan aman agar tidak mudah dimasuki oleh orang atau pun kendaraan lain tanpa penjagaan.

 

Pengawasan

Seluruh proses angkat angkut harus diawasi dengan ketat oleh petugas berwenang. Mulai dari tahap persiapan awal sampai proses pengangkutan selesai. Pengawasan ini bisa dijalankan secara berkala untuk pengangkatan rutin, namun untuk proses pengangkatan yang kompleks perlu diawasi secara langsung.

Setiap pekerjaan memerlukan perencanaan yang matang agar bisa berjalan sesuai dengan harapan. Termasuk dalam proses angkat angkut barang yang memiliki resiko kerja yang terbilang tinggi. Terkadang, tidak ada salahnya sebuah pekerjaan dijalankan dengan lambat, asalkan selesai dengan selamat.

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
×