Training Basic Mechanical Electrical Safety

Training Basic Mechanical Electrical Safety

Indonesia Safety Center – Safety School (Synergy Solusi Group) adalah penyedia pelatihan K3 terpercaya yang siap membantu Anda dalam memperoleh sertifikasi safety expert development program. Training Basic Mechanical Electrical Safety sangat penting untuk memastikan keamanan kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja melalui penerapan identifikasi . Di sini, kami akan memberikan informasi yang lengkap tentang Training Basic Mechanical Electrical Safety dan prosedur untuk memperoleh sertifikasi safety expert development program.

Apa itu Training Basic Mechanical Electrical Safety?

Training Basic Mechanical Electrical Safety adalah pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang keselamatan mekanikal dan listrik kepada peserta. Pelatihan ini melibatkan pembelajaran mengenai identifikasi bahaya listrik dan mekanikal di tempat kerja, penggunaan peralatan listrik dan mekanikal dengan aman, efek arus listrik pada tubuh manusia, klasifikasi daerah bahaya, serta program pencegahan bahaya mekanikal seperti machine guarding. Peserta akan dilatih untuk mengenali risiko dan bahaya, mengadopsi langkah-langkah keamanan yang tepat, dan memahami prinsip-prinsip keselamatan dalam bekerja dengan peralatan mekanikal dan listrik. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran peserta terhadap keselamatan mekanikal dan listrik, mencegah kecelakaan dan cedera, serta mempromosikan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Prosedur Memperoleh Sertifikasi Basic Mechanical Electrical Safety

Untuk memperoleh sertifikasi Basic Mechanical Electrical Safety, ada beberapa prosedur yang harus diikuti, antara lain:

  1. Mengikuti Pelatihan – Peserta harus mengikuti Training Basic Mechanical Electrical Safety yang diselenggarakan oleh penyedia pelatihan yang terakreditasi oleh badan sertifikasi terkait (Indonesia Safety Center – Safety School).
  2. Mengikuti Ujian – Setelah menyelesaikan pelatihan, Peserta harus mengikuti ujian yang menilai pemahaman mereka tentang konsep-konsep keselamatan dan kesehatan kerja yang telah dipelajari selama pelatihan.
  3. Mencapai Nilai Minimum – Peserta harus mencapai nilai minimum yang ditetapkan untuk lulus ujian. Nilai minimum ini dapat bervariasi tergantung pada badan sertifikasi yang menetapkannya.
  4. Mendapatkan Sertifikat – Setelah berhasil lulus ujian, Peserta akan diberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka telah menyelesaikan Training Basic Mechanical Electrical Safety dan memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja yang ditetapkan oleh badan sertifikasi.
  5. Pembaruan Sertifikat – Sertifikat Basic Mechanical Electrical Safety biasanya memiliki masa berlaku 3 tahun sejak sertifikat diterbitkan dan harus diperbarui secara berkala. Peserta harus mengikuti pelatihan atau ujian ulang untuk memperbarui sertifikat mereka setelah masa berlaku habis.

Prosedur ini dapat bervariasi tergantung pada badan sertifikasi yang menetapkannya, namun secara umum, ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk memperoleh sertifikasi Basic Mechanical Electrical Safety.

Mengapa Memilih Indonesia Safety Center sebagai Tempat Pelatihan?

Indonesia Safety Center – Safety School (Synergy Solusi Group) adalah penyedia pelatihan K3 terpercaya yang telah berpengalaman dalam menyediakan program Training Basic Mechanical Electrical Safety dan membantu peserta memperoleh sertifikasi di bidang K3. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus memilih kami sebagai tempat pelatihan:

  1. Pengajar yang Berpengalaman Kami memiliki pengajar yang berpengalaman dan ahli dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Pengajar kami akan memberikan penjelasan yang lengkap dan jelas tentang materi Basic Mechanical Electrical Safety.
  1. Program Pelatihan yang Komprehensif Program pelatihan yang kami sediakan mencakup seluruh aspek yang dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menjaga keamanan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Materi yang kami sampaikan meliputi teori dan praktik sehingga peserta dapat mengaplikasikan langsung pengetahuan yang telah diperoleh.
  2. Fasilitas Pelatihan yang Lengkap Kami menyediakan fasilitas pelatihan yang lengkap dan modern untuk mendukung kegiatan pelatihan. Fasilitas yang kami sediakan meliputi ruang kelas yang nyaman, peralatan dan alat bantu yang lengkap, serta simulasi kejadian kecelakaan kerja untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam menangani situasi darurat.
  3. Harga yang Terjangkau Kami menyediakan program pelatihan dengan harga yang terjangkau dan kompetitif. Kami percaya bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Dalam rangka untuk memperoleh sertifikasi Basic Mechanical Electrical Safety, Anda perlu memilih tempat pelatihan yang tepat dan terpercaya. Kami siap membantu Anda dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang program Training Basic Mechanical Electrical Safety yang kami sediakan.

TUJUAN TRAINING

  1. Mengidentifikasi Bahaya Listrik dan Mekanikal di Tempat Kerja:
    • Peserta akan mempelajari metode untuk mengidentifikasi bahaya listrik dan mekanikal yang ada di lingkungan kerja, termasuk risiko kejut listrik, bahaya peralatan, dan potensi bahaya mekanikal seperti pergerakan mesin yang berbahaya.
  2. Menggunakan Peralatan Listrik dan Mekanikal dengan Aman:
    • Peserta akan memahami metode dan langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakan peralatan listrik dan mekanikal dengan aman, termasuk pengoperasian yang benar, pemeliharaan rutin, dan penanganan yang aman.
  3. Mengetahui Efek Arus Listrik pada Badan Manusia, Klasifikasi Daerah Bahaya, dan Isolasi Energi (LOTO):
    • Peserta akan mempelajari dampak arus listrik pada tubuh manusia, klasifikasi daerah bahaya terkait listrik, serta prinsip isolasi energi atau Lockout-Tagout (LOTO) untuk memastikan keamanan saat bekerja dengan peralatan yang terisolasi energi.
  4. Memahami Program Pencegahan Bahaya Mekanikal (Machine Guarding):
    • Peserta akan memahami pentingnya program pencegahan bahaya mekanikal, termasuk penggunaan peralatan pelindung seperti perisai, penghalang, dan pengaman mekanikal lainnya untuk mencegah akses ke bagian mesin yang berbahaya.

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini melalui Training Basic Electrical Safety, peserta akan memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk mengidentifikasi bahaya, menggunakan peralatan dengan aman, melindungi diri sendiri dan orang lain dari bahaya listrik, serta menerapkan praktik pencegahan bahaya mekanikal yang tepat di lingkungan kerja.

MATERI TRAINING

  1. Konsep Dasar Safety:
    • Penjelasan tentang pentingnya keselamatan dan pemahaman tentang konsep dasar keselamatan di lingkungan kerja.
  2. Identifikasi Hazard:
    • Pelatihan untuk mengidentifikasi berbagai bahaya potensial yang ada di lingkungan kerja, termasuk bahaya listrik dan mekanikal.
  3. Hazard Elektrikal:
    • Penjelasan secara khusus mengenai bahaya-bahaya yang terkait dengan listrik, seperti kejut listrik, kebakaran, dan ledakan.
  4. Electrical Safety:
    • Pembelajaran tentang prinsip-prinsip keselamatan dalam bekerja dengan peralatan listrik, termasuk pemeliharaan, penggunaan yang benar, dan prosedur keamanan yang relevan.
  5. Lock Out Tag Out (LOTO):
    • Pemahaman tentang prosedur Lock Out Tag Out (LOTO) untuk memastikan isolasi energi pada peralatan yang sedang diperbaiki atau dipelihara, guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan.
  6. Klasifikasi Area Hazardous:
    • Penjelasan tentang klasifikasi area berbahaya terkait dengan listrik, termasuk area yang rentan terhadap kebakaran, ledakan, dan persyaratan keselamatan yang terkait.
  7. Grounding, Bonding, and Lightning:
    • Pemahaman tentang pentingnya grounding dan bonding yang aman, serta perlindungan terhadap petir dan langkah-langkah pengamanan yang diperlukan.
  8. Power Tools Safety:
    • Pelatihan mengenai penggunaan alat-alat bertenaga listrik dengan aman, termasuk pengoperasian, perawatan, dan penggunaan alat pelindung diri yang tepat.
  9. Hazard Mekanikal dan Assessment Risiko:
    • Identifikasi bahaya mekanikal dan penilaian risiko terkait, serta pemahaman tentang langkah-langkah untuk mengendalikan risiko tersebut.
  10. Program Mekanikal Safety:
    • Penjelasan tentang pentingnya program keselamatan mekanikal, termasuk praktik pengamanan mesin (machine guarding) dan pencegahan bahaya mekanikal lainnya.
  11. Studi Kasus:
    • Analisis kasus-kasus kecelakaan terkait listrik dan mekanikal sebagai pembelajaran untuk memahami penyebab dan mengadopsi tindakan pencegahan.
  12. Pelatihan Safety untuk Maintenance:
    • Penekanan pada keselamatan dalam kegiatan pemeliharaan peralatan listrik dan mekanikal, termasuk pemahaman tentang prosedur kerja yang aman dan identifikasi bahaya yang mungkin timbul.

Materi pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang keselamatan listrik dan mekanikal kepada peserta, mempersiapkan mereka untuk mengenali bahaya, mengendalikan risiko, dan menerapkan praktik keselamatan yang tepat saat bekerja dengan peralatan elektrikal dan mekanikal.

METODE TRAINING

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi Kasus
  • Evaluasi

DURASI TRAINING

2 (dua) hari

BENEFIT

✅ Sertifikat Cetak Basic Mechanical Electrical Safety
✅ Soft File Materi/Modul
✅ Dibimbing untuk assessment
✅ Tanya jawab langsung dengan trainer
✅ Souvenir Exclusive Synergy Solusi
✅ Bergabung bersama 20000+ alumni di Synergy Solusi HSE Executive Club

INVESTASI

Online: Rp3.000.000/Peserta

Offline – Jakarta: Rp5.000.000/Peserta

Inhouse Training (IHT): Hubungi Customer Representative kami di sini

Rate this post
Anda Mungkin Juga Suka:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

×