No Comments

Yuk Mengenal Hubungan Kerja dan Ibadah

Kerja dan ibadah, dua kata ini biasa dipahami secara terpisah. Kebanyakan orang akan langsung tertuju pikirannya pada rutinitas pulang-pergi kantor saat disebutkan kata ‘kerja’. Lalu, kebanyakan juga akan langsung berpikir pada ritual keagamaan ketika disebutkan kata ‘ibadah’.
Padahal kerja dan ibadah memiliki hubungan yang saling terkait,bukan terpisah seperti anggapan orang pada umumnya. Mari simak paparan berikut ini:

  1. Niat
    Memiliki niat untuk menggapai rezeki yang halal tentunya sudah termasuk ibadah. Setiap langkah yang dilakukan dalam pekerjaan akan diganjar dengan pahala. Selagi niat dalam bekerja juga sesuai dengan koridor nilai-nilai agama, itu menjadi bagian dari ibadah dan terhitung sebagai ibadah.
  2. Prioritas
    Banyaknya kegiatan yang harus dikerjakan, perlu sekali penyusunan daftar prioritas yang terlebih dahulu harus diselesaikan. Pekerjaan mana yang mendesak dan penting, yang penting tapi bisa ditunda, termasuk ritual ibadah mana yang harus ditempatkan di urutan proritas paling atas.
  3. Hak
    Kita harus menyadari bahwa setiap segi kehidupan memiliki hak atas diri kita. Wajib kita sadari bahwa tubuh punya hak beristirahat setelah selesai dengan rutinitas kerja. Wajib pula kita sadari bahwa badan punya hak dijaga dan dirawat yang salah satunya lewat olahraga. Serta perlu disadari pula bahwa jiwa mempunyai hak rohani untuk mendekatkan diri pada Ilahi.
  4. Doa
    Jika kita terbiasa sadar bahwa berbicara pada Tuhan lewat doa, dapat menjadi kekuatan dalam menjalani peran, kita akan selalu berdoa ketika memulai kegiatan. Berdoa pada saat melakukan satu per satu amanah kerja, serta tak lupaberdoa sesudah seluruh tugas kerja diselesaikan. Efek dari doa bisa membantu manusianya lebih kokoh pada apa yang akan, sedang dan telah dikerjakan. Doa juga menjadi pengingat agar manusia senantiasaberserah pada Tuhan akan setiap hasil usaha yang dilakukan.

Bekerja dan beribadah hendaknya dilakukan secara bersamaan dan menjadi tujuan setiap hari. Berpijak pada ajaran agama, bahwa masa hidup di dunia ini adalah untuk membawa bekal semaksimal mungkin untuk pulang ke akhirat. Maka, mari terus berusaha.
Sumber :
https://medium.com/@kangkikur/kombinasi-indah-antara-kerja-dan-ibadah-1a8ad637467b
Sumber Gambar:brilliantperspectives.com

Anda Mungkin Juga Suka:
Tags: News
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu