No Comments

4 Tips K3 yang Perlu Diketahui Pekerja Konstruksi

4 Tips K3 yang Perlu Diketahui Pekerja Konstruksi

Sebagaimana umumnya, lokasi konstruksi penuh dengan potensi bahaya dan kecelakaan kadang-kadang tidak dapat dihindari. Meskipun, insiden dapat dicegah dengan pemikiran yang jernih dan tindakan pencegahan. Berikut adalah beberapa tips keselamatan kerja konstruksi yang penting untuk diketahui oleh  pekerja.

  1. Tahu Dimana Kit Pertolongan Pertama Berada
    Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, tanpa anda ketahui. Karena itu, Anda perlu tahu persis di mana kit pertolongan pertama disimpan, setiap saat. Tidak hanya harus Anda tahu di mana itu, tapi kit pertolongan pertama juga harus mudah diakses.Waktu merupakan hal yang penting ketika berhadapan dengan cidera. PIC terkait di lokasi harus bertanggung jawab untuk memastikan kit yang baik tersedia setiap saat, meskipun Anda harus secara pribadi memeriksa sendiri untuk tindakan pencegahan ekstra.
  1. Pastikan Semua Peralatan Beroperasi Dengan Benar
    Peralatan rusak adalah salah satu risiko terbesar dalam tempat kerja. Alat yang tidak beroperasi dengan benar dapat menyebabkan luka bakar, listrik dan luka parah lainnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan alat yang Anda gunakan berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya, disk penggiling yang tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan luka serius atau luka parah.
  2. Kenakan Perlengkapan Pelindung Diri dengan Benar
    Memakai peralatan keselamatan yang tepat akan membantu Anda dan orang di sekitar Anda tetap aman di lingkungan kerja, termasuk pakaian dengan visibilitas tingg, karena sangat penting bagi driver mesin-mesin berat untuk melihat Anda untuk mencegah kecelakaan kerjaPelindung Mata dan Telinga seringkali terabaikan. Menggunakan alat-alat listrik untuk waktu yang lama akan memiliki efek signifikan pada pendengaran di kemudian hari, sehingga memakai perlindungan telinga adalah suatu keharusan. Hal yang sama berlaku untuk perlindungan mata. Sebuah spesifikasi kecil beton debu atau logam pecahan dapat menyebabkan iritasi untuk mata, bahkan menyebabkan kerusakan serius. Selalu berhati-hati untuk melindungi mata dan telinga di setiap tempat kerja, bahkan ketika Anda sedang tidak menangani alat-alat listrik.
  1. Waspada
    Tindakan ceroboh hampir selalu berakhir dengan cedera. Dengan menjadi waspada dengan keselamatan Anda dan orang lain, Anda jauh lebih mungkin untuk menghindari cedera. Jika setiap orang di tempat kerja saling mengingatkan satu sama lain dan memastikan telah mengikuti pedoman keselamatan yang tepat, semua orang bisa kembali kerumah dalam keadaan sehat dan aman dari kecelakaan kerja.

Keselamatan harus selalu menjadi hal yang paling penting di tempat kerja, di mana pun Anda bekerja. Sangat tidak bijak ketika Anda mempertaruhkan hidup Anda mempercepat proses pekerjaan. Intinya: Kit Pertolongan pertama yang terlihat, kewaspadaan, peralatan yang beroperasi dengan benar, peralatan keselamatan yang tepat akan membantu memastikan keselamatan Anda dan orang di sekitar Anda di lokasi konstruksi.

Untuk membantu pemahaman Anda mengenai K3 Bidang Konstruksi, ISC Safety School Surabaya Menyelenggarakan Training Contractor Safety Management System (CSMS) dengan keterangan sebagai berikut:

csms contractor safety management system

Daftarkan diri Anda dalam Training Contractor Safety Management System CSMS berikut (Pasti Running):

Surabaya: 15-16 April 2021
Contact Person: Yanti | 08111798353 | [email protected]

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu