No Comments

4 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Memasuki Confined Space

4 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Memasuki Confined Space
4 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Memasuki Confined Space

Berbagai jenis confined space digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam proses bisnis yang dilakukannya, mulai dari tangki penyimpanan, manholes, terowongan, dll, akan menimbulkan risiko keselamatan kerja tertentu. Berdasarkan desain ruangannya, confined space atau biasa kita sebut ruang terbatas, memiliki poin akses dan ventilasi terbatas, dan tidak dimaksudkan untuk pekerja berada di dalamnya dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya ada bahaya pada akses keluar masuk yang sempit saja, bekerja di dalam ruang terbatas juga memiliki risiko cedera fisik yang serius dari bahaya seperti gas mematikan, komponen listrik, atau mesin lain yang digunakan di dalam ruang terbatas.

Berdasarkan studi yang dilakukan diketahui bahwa sekitar 85 persen dari perusahaan yang bekerja untuk kontraktor terkemuka sudah tahu bahaya dan persyaratan keselamatan untuk memasuki ruang terbatas. 15% sisanya, tidak sadar dan masuk ke ruang terbatas tanpa langkah-langkah keamanan yang tepat.

Padahal melakukan persyaratan K3 sebelum memasuki ruang terbatas merupakan hal mutlak sebelum mulai memasuki ruang terbatas. Berikut inilah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mengirim seseorang untuk bekerja di ruang terbatas

confined space confined space

  1. Menginformasikan karyawan terkait izin kerja yang diperlukan (Work Permit) sebelum memasuki Ruang Terbatas. Istilah ini mengacu pada ruang-ruang yang memenuhi definisi K3 untuk ruang tertutup dan mengandung bahaya K3, sehingga membutuhkan izin untuk masuk. Jika ada izin tertentu di tempat kerja, atasan harus menginformasikan karyawan tentang keberadaan, lokasi, dan bahaya yang ditimbulkan oleh ruang, dengan memberikan tanda-tanda dan pelatihan karyawan.
  2. Menguji atmosfer.Udara di ruang tertutup mungkin berbahaya karena tingkat oksigen yang rendah, tingkat beracun dari gas dan uap, atau konsentrasi mudah terbakar atau ledakan gas, uap, ataupun debu. Jadi sebelum setiap pekerja memasuki ruang, udara harus diuji. Pengujian berkala sangat penting untuk memastikan ruang dipertahankan dalam kondisi entri yang aman. Frekuensi pengujian tergantung pada sifat ruang dan hasil pengujian awal.

Sadarilah bahwa beberapa gas dan uap lebih berat daripada udara dan akan mengendap di bagian bawah dari ruang terbatas, sementara gas-gas lain yang lebih ringan dari udara dan akan ditemukan di sekitar bagian atas ruang terbatas. Untuk itu, perlu untuk menguji semua bidang ruang terbatas dengan alat uji yang tepat. Tergantung pada hasil tes, adanya ventilasi atau respirator mungkin diperlukan sebelum memasuki ruang terbatas.

  1. Mengisolasi sumber energi. Dalam ruang tertutup, jarak dekat membuat pekerja sulit untuk menjaga jarak aman antara pekerja dan sumber energi yang berbahaya, meningkatkan kemungkinan cedera. Diperlukan prosedur keselamatan khusus untuk lockout / tagout peralatan yang berpotensi berbahaya yang diperlukan sebelum memasuki ruang. Semua sirkuit listrik harus dimatikan dan terkunci, dan peralatan mekanik harus dinonaktifkan. Hanya karyawan yang terlatih dalam prosedur lockout / tagout yang boleh melaksanakan tugas ini.
  2. Adanya rencana prosedur penyelamatan di awal. Berdasarkan pengalaman, lebih dari setengah dari pekerja yang meninggal di ruang terbatas disebabkan karena berusaha untuk menyelamatkan pekerja lain. Prosedur penyelamatan harus direncanakan dengan baik, dan tim penyelamat harus dilatih untuk mengikuti prosedur darurat dan menggunakan peralatan dan teknik (termasuk bertahan hidup dan respirator) yang sesuai. Latihan prosedur penyelamatan harus dilakukan secara rutin. Penyelamatan tidak direncanakan, seperti ketika seseorang secara naluriah bergegas untuk membantu rekan kerja, dapat dengan mudah menghasilkan tambahan korban jiwa.

Ada banyak aspek terbatas-ruang keamanan: pengujian, pemantauan, ventilasi, isolasi, pakaian pelindung, dan banyak lagi. Tapi nomor satu cara yang paling penting untuk menjaga pekerja Anda aman di ruang terbatas adalah melalui pelatihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut atau terkait Pelatihan Ruang Kerja Terbatas bagi karyawan Anda, Silakan klik laman Training Confined Space Sertifikasi Kemnaker RI.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Anda Mungkin Juga Suka:
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu