No Comments

CPR Untuk Menolong Korban

CPR Untuk Menolong Korban
CPR Untuk Menolong Korban

Angka kecelakaan di jalanan Indonesia tergolong tinggi. Menurut, data Kepolisian Republik Indonesia mencatat, di tahun 2012 total kecelakaan lalu lintas mencapai 109.038 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 25.131 orang. Artinya dalam sehari terdapat 81 orang meninggal atau 3

orang per jam.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Dr.Chryshnanda mengatakan, jumlah kecelakaan di DKI Jakarta selama tahun 2013 mencapai sebanyak 5.959 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 616 orang dan mayoritas adalah pengguna sepeda motor. Dari jumlah tersebut penyebab terbesar kecelakaan adalah pengemudi lengah.

Berdasarkan data kecelakaan 2012 dan 2013, berarti lebih banyak kecelakaan disebabkan oleh human error (kesalahan manusia) dan bisa juga disebabkan oleh kerusakan jalan yang dapat menciptakan bahaya bagi pengendara motor.

Di Singapura, ada sebuah kejadian mengenai seorang mahasiswi mendapat penghargaan atas tindakannya menolong pengendara motor yang mengalami kecelakaan. Diceritakan bahwa seorang mahasiswsi Keperawatan mempraktekkan cardiopulmonary resuscitation (CPR) terhadap pengendara motor yang mengalami kecelakaan. Pengendara motor tersebut terjatuh setelah menabrak tiang lampu di sepanjang Jalan Braddell. Walaupun telah menerima pertolongan pertama, pengendara motor tersebut akhirnya meninggal karena luka parah yang dialami. Meski terpukul atas kematian pengendara motor tersebut, Alessandra Connie Leong merasa tindakan yang dilakukannya sudah tepat. Tindakan Alessandra mendapat sambutan positif dari orang-orang di sekelilingnya, tidak terkecuali Kepala Operasi Divisi 1 SCDF Letkol Alan Chow yang memberikan penghargaan pengabdian terhadap publik tersebut. Dia menilai, pertolongan yang diberikan Alessandra adalah tindakan terpuji dan pantas untuk mendapat penghargaan.

Jika ada orang yang berani seperti Alessandra Connie Leong ada banyak di Jakarta, kemungkinan dari ratusan orang yang meninggal dapat diminimalisir dengan melakukan pertolongan pertama terhadap kecelakaan seperti cardiopulmonary resuscitation (CPR). (RioAri Wibowo)

sumber:

http://kampus.okezone.com/read/2013/08/26/373/855817/tolong-korban-kecelakaan-mahasiswi-ini-raih-penghargaan

http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/02/345833/122/14/Sepanjang-2013-616-Orang-Meninggal-Karena-Kecelakaan-di-Jalanan-Jakarta

Anda Mungkin Juga Suka:
Tags: Safety
Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu