Meningkatkan K3 Tempat Kerja melalui Safety Accountability, Safety Leadership dan Behaviour Based Safety

K3 Tempat Kerja

Meskipun kita mengetahui bahwa jumlah kecelakaan kerja di tahun 2019 sudah mengalami penurunan jumlah, masalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja masih menjadi tantangan yang cukup berat di Indonesia. Pengusaha ataupun pemimpin perusahaan memiliki banyak alasan untuk mengkhawatirkan tidak efektifnya penerapan K3 di lingkungan kerjanya. Di lingkungan dengan jumlah karyawan yang banyak dan mobilitas yang tinggi, perlindungan dari bahaya bisa jadi lebih sulit untuk dijamin, salah satu contohnya di lingkungan industri manufaktur.

Terlebih lagi, risiko kecelakaan kerja dapat meningkat sejalan dengan produktivitas. Contohnya, karena permintaan untuk pembelian langsung ke konsumen meningkat, perusahaan yang bergerak diperniagaan, berada di bawah tekanan yang meningkat untuk menanggapi pesanan dengan kecepatan dan efisiensi. Lonjakan produktivitas musiman dapat membahayakan Kesehatan dan Keselamatan para pekerja gudang jika protokol K3 tidak diterapkan dengan cermat.

Penerapan K3 di tempat kerja tidak hanya merupakan keharusan dari pemenuhan praktik hukum yang berlaku di lingkungan tempat kita melakukan proses bisnis, tetapi juga memiliki manfaat bisnis yang jelas. Total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan sebagai bentuk kompensasi bagi karyawan yang mengalami kecelakaan kerja, biaya hukum, dan manajemen reputasi tentunya akan sangat besar. Penerapan K3 di lingkungan kerja tidak hanya mampu menekan kerugian akibat kecelakaan kerja, namun dengan mempromosikan K3 karyawan dapat meningkatkan moral, memperkuat budaya tempat kerja yang bertanggung jawab, dan meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja.

Tidak heran jika lebih dari 90% pemimpin bisnis setuju bahwa menjadikan K3 sebagai budaya di tempat kerja dapat memengaruhi produktivitas dan kinerja setiap pekerja. Setiap budaya yang berpusat pada keselamatan dimulai dengan penanaman akuntabilitas K3. Setelah akuntabilitas ditanamkan dalam diri setiap pekerja, tahap selanjutnya adalah menambahkan kemampuan safety leadership, yang mana akan mendukung diri para pekerja untuk bertanggung jawab atas dirinya dan lingkungan sekitar dengan sikap kepemimpinan yang dimilikinya. Tahap selanjutnya sebelum menjadi budaya, K3 harus menjadi dasar setiap pekerja dalam berperilaku atau yang sering kita dengar dengan behaviour-based safety.

Meningkatkan K3 Tempat Kerja melalui Safety Accountability, Safety Leadership dan Behaviour Based Safety

K3 tidak melekat pada budaya tempat kerja – mereka secara aktif dibina dan dipelihara melalui komitmen terhadap akuntabilitas dan perilaku sehari-harinya. Dengan hanya menyalahkan seseorang dalam menanggapi insiden individu, organisasi mungkin gagal untuk mengatasi faktor eksternal seperti Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pelatihan praktik terbaik – serta keyakinan yang mendasari yang membentuk budaya organisasi.

Sebaliknya, berfokus pada menumbuhkan pola pikir keselamatan di antara karyawan dapat memberdayakan semua karyawan untuk menegakkan dan meningkatkan perilaku K3 karyawan secara keseluruhan dalam aktivitas sehari-hari mereka. Berikut empat langkah sederhana untuk menanamkan behaviour-based safety atau perilaku berdasarkan K3 di pusat program K3 yang kita buat:

  1. Jadikan Keamanan Tempat Kerja sebagai Tujuan Organisasi

Pimpinan dan manajemen tingkat atas dapat merampingkan tujuan keselamatan organisasi dengan memasukkan aspek K3 menjadi salah satu tujuan utama mereka – tiga hingga lima tujuan organisasi yang bermakna, mudah diingat, dan terukur yang harus dicapai organisasi agar dianggap berhasil.

Dengan menyaring visi strategis perusahaan untuk kinerja secara garis besar besar dan penerapan perilaku berbasis K3/behaviour-based safety di tempat kerja menjadi tujuan organisasi yang jelas dan menonjol, para pemimpin dapat memastikan bahwa karyawan memahami bagaimana peran dan tanggung jawab mereka selaras dengan organisasi secara keseluruhan.

Keberhasilan penerapan budaya K3 dapat dilihat saat karyawan sudah memandang bahwa K3 tidak hanya sebagai tugas manajerial tetapi juga sebagai tujuan dari pekerjaan mereka sehari-hari.

  1. Kembangkan ‘Pola Pikir Keselamatan’ di Antara Karyawan

Pendekatan yang efektif untuk mencapai tujuan perusahaan di mulai dari bawah ke atas. Hal ini didasarkan atas teori Piramida Hasil atau The Result Pyramid Model yang menyatakan bahwa pengalaman individu membentuk fondasi perubahan karena mereka menghasilkan keyakinan, yang pada akhirnya memicu tindakan yang membuahkan hasil.

Para pemimpin sering jatuh ke dalam perangkap untuk memfokuskan upaya perubahan mereka pada dua tingkatan teratas piramida dengan memberlakukan kebijakan yang dimaksudkan untuk memengaruhi tindakan dan hasil tanpa mempertimbangkan keyakinan dan pengalaman yang mendasari mereka.

Melakukan penerapan budaya K3 dari bawah ke atas bisa jadi sulit, tetapi ada cara sederhana untuk memulai. Para pemimpin dapat memulai proses dengan alat seperti Focused Storytelling. Dengan menyampaikan cerita sederhana tentang keefektifan K3 – seperti cerita tentang karyawan yang secara proaktif meletakkan alas anti selip dan mencegah jatuh, atau menghentikan jalur perakitan untuk memeriksa produk yang rusak – para pemimpin dapat meninggalkan karyawan dengan pesan positif dan jelas tentang perubahan yang ingin mereka melihat. Dengan mendengarkan cerita mereka, karyawan mengalami pengalaman yang kemungkinan besar memengaruhi keyakinan dan tindakan mereka.

  1. Tetapkan Ekspektasi terhadap Keselamatan Tempat Kerja

Sangat penting bagi para pemimpin untuk menetapkan ekspektasi K3 yang jelas untuk dipenuhi karyawan mereka. Anda dapat menggunakan panduan formulir sederhana untuk memastikan eksepektasi tersebut dapat dilakukan, diukur, dan diulang.

Ketika harapan K3 tempat kerja dapat didokumentasikan dan dipajang di tempat yang sering dilalui, mereka akan terdorong untuk menjadi konsisten dengan visi dan strategi organisasi. Ekspektasi juga harus dapat diperoleh, atau dapat dicapai mengingat keterbatasan sumber daya dan kapasitas yang ada. Ketika ekspektasi berulang, ekspektasi tersebut dapat dialihkan ke tim yang berbeda dan dapat dieksekusi secara efektif berkali-kali. Terakhir, ekspektasi harus dapat diukur. Jika memungkinkan, rancang metrik yang dapat diukur yang memberikan pembacaan akurat tentang sejauh mana ekspektasi terpenuhi.

  1. Hargai Kinerja Keselamatan Tempat Kerja dengan reward yang menarik

Memberi insentif kepada karyawan agar tetap bertanggung jawab pada Keselamatan selama berkendara dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penerapan perilaku K3 di tempat kerja secara keseluruhan. Karyawan yang mengetahui bahwa mereka akan dihargai atas upaya mereka cenderung lebih terlibat dan mengambil tindakan yang meningkatkan keselamatan di tempat kerja.

Para pemimpin juga dapat memberikan Pengakuan melalui penghargaan di bidang K3 bagi mereka yang secara konsisten memperjuangkan upaya dan keberhasilan dalam menerapkan perilaku K3. Misalnya, jika seorang anggota tim teknik secara konsisten mengambil tanggung jawab untuk mengikuti protokol keselamatan dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama, seorang pemimpin dapat menyampaikan pujian publik. Dengan menerima penguatan positif, karyawan lebih mampu menyelaraskan diri dengan tujuan organisasi secara keseluruhan dan menjadi contoh bagi orang lain.

Jangan ragu untuk terus memperbaiki program K3 agar setiap karyawan mampu menerapkan behaviour-based safety atau perilaku K3. Dengan secara konsisten menerapkan behaviour-based safety, maka terwujudnya K3 sebagai budaya di perusahaan juga akan semakin dekat.

 

Rate this post
Anda Mungkin Juga Suka:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait