No Comments
Tags: K3 Listrik

10 Cara Merawat Genset, Pastikan Mesin Anda Tetap Aman

10 Cara Merawat Genset, Pastikan Mesin Anda Tetap Aman

Genset termasuk perangkat sangat penting untuk menjaga kelancaran aktivitas di area publik, seperti di pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, gedung perkantoran, dan lainnya. Genset memiliki fungsi utama menyediakan pasokan listrik cadangan yang dibutuhkan saat listrik utama terkena gangguan bahkan mati.

Mengingat vitalnya fungsi genset,  maka sangat penting menjaganya agar selalu dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Nahasnya, perawatan ini seringkali diabaikan meski memiliki fungsi yang sangat penting.

Mengabaikan perawatan genset bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah, bahkan bisa mengakibatkan kerugian finansial yang besar. Oleh karena itu, penting dilakukan perawatan yang tepat dan teratur untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

Lalu bagaimana cara perawatan genset yang benar? Simak 10 cara berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara merawat genset pada area publik:

  1. Pemanasan Genset

10 Cara Merawat Genset, Pastikan Mesin Anda Tetap Aman

Melakukan pemanasan bisa dilakukan satu kali dalam seminggu. Mungkin Anda sering memanaskan mesin motor atau mobil di pagi hari. Hal ini pula yang bisa dilakukan pada genset agar mesinnya tetap berjalan dengan baik. Genset yang sudah dipanaskan akan memungkinkan menjaga mesin tetap bergerak dan lebih handal.

  1. Memastikan Aki Tetap Berfungsi

Memastikan aki tetap berfungsi penting untuk menjaga genset. Pemeriksaan aki genset bisa dilakukan dengan memeriksa alur koneksi terminal aki supaya tidak longgar. Sistem listrik DC (Aki) harus dipastikan tidak berkarat karena dapat menghambat starting genset. Jangan lupa juga untuk memeriksa terminal pada baterai starting.

  1. Pengecekan Bahan Bakar 

Anda harus memastikan filter alat bahan bakar dalam kondisi yang baik. Jalur- jalur bahan bakar harus dipastikan tidak bergesekan dengan benda apapun sebab akan menimbulkan kegagalan fungsi. Jika menemukan keretakan atau lecet pada fitting maka segera perbaiki.

  1. Pemeriksaan Sistem Kontrol

Pemeriksaan sistem kontrol berguna untuk melancarkan penyaluran beban. Anda dapat melakukan pemeriksaan secara teratur dan pastikan log data yang benar selama pemanasan mesin. Jangan lupa pula untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automactic stand by (AUTO).

  1. Perhatikan Indikator Mesin

Anda harus memperhatikan selalu kondisi mesin dengan cara melihat indikator. Pemeriksaan indikator mesin bisa dilakukan dengan memeriksa tekanan oli dan suhu radiator. Termasuk memeriksa performa mesin saat bekerja dengan mendengarkan bunyi mesin.

Jika ada masalah pada mesin biasanya muncul peringatan dini. Anda harus tetap waspada, sebab bisa saja terjadi kegagalan pembakaran (misfires), getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, dan peningkatan konsumsi oli atau bahan bakar.

  1. Perhatikan Sistem Pembuangan

Sistem pembuangan pada genset jangan sampai lepas dari pengecekan. Perhatikan knalpot dan asap yang dikeluarkan tidak terlalu berlebihan. Jika asap yang dikeluarkan berlebih,  maka harus diwaspadai. Bisa saja ada masalah dari kualitas bahan bakar yang kotor atau kualitas udara sehingga perlu perbaikan sesegera mungkin.

  1. Merawat Sistem Pelumasan

10 Cara Merawat Genset, Pastikan Mesin Anda Tetap Aman

Selalu cek tingkatan (level) oli mesin saat mesin dimatikan pada interval yang ditentukan tabel (table). Level oli harus dijaga sedekat mungkin dengan ‚Äúfull‚ÄĚ tanda pada¬†dispstick¬†dengan menambahkan oli yang berkualitas dan merek yang sama.

Untuk memastikan pembacaan akurat, Anda dapat mematikan mesin lalu tunggu sekitar 10 menit. Hal ini dilakukan untuk memastikan oli bagian atas mesin mengalir ke dalam bak mesin. Ingat jangan sampai oli menyebabkan kerusakan lingkungan, tentu oli dan filter bekas harus dibuang.

  1. Pastikan Sistem Pendingin Bekerja

Perawatan sistem pendingin harus dilakukan agar tetap bekerja dengan baik. Perawatan dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan sirip-sirip pendingin (radiator fin). Gunakan kompresi udara tekanan rendah atau aliran air ke arah yang berlawanan dari aliran udara normal radiator untuk membersihkan radiator.

Perawatan sistem pendingin bisa juga dilakukan dengan cara memeriksa level cairan pendingin (coolant) saat mesin tidak menyala.

  1. Ganti Sparepart Secara Berkala

Penggantian sparepart sangat penting terlebih jika telah digunakan dalam waktu yang lama. Anda bisa menggantinya lewat buku panduan genset. Panduan akan menjelaskan komponen apa saja yang harus diperbaiki dan kapan waktu untuk melakukan penggantian tersebut. Bisa juga dengan mendatangi perusahaan tempat pembelian genset.

  1. Jaga Kebersihan Genset 

Hal sederhana namun sangat penting yaitu menjaga kebersihan genset. Anda harus memastikan keadaannya bersih dari kotoran, debu, benda asing yang dapat mengganggu mesin.

Baca juga:

Itulah 10 cara perawatan genset agar tetap berfungsi dengan baik. Perawatan secara teratur akan memperpanjang umur genset, menghindari kerusakan, dan menjaga kehandalan mesin Anda sehingga memastikan pasokan listrik cadangan tersedia ketika dibutuhkan.

Jangan lupa untuk mengikuti panduan perawatan yang disarankan oleh produsen dan jika Anda menemui masalah.

Rate this post
Anda Mungkin Juga Suka:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait